Labels

Ads 468x60px

Primergy CX1000, Server Hemat Energi

Untuk mendukung lingkungan komputasi awan, Fujitsu menyediakan server baru, PRIMERGY CX1000 Cloud eXtension, dengan menunggulkan keseimbangan antara kinerja dan harga yang optimal serta perhitungan ekonomi pada data center.

Server ini mengoptimalkan komponen pendorong biaya operasional, meliputi daya, panas, dan ruang, sehingga menjadi tonggak baru pada standar perhitungan ekonomis pada data center.

Desain PRIMERGY CX1000 sejak awal dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memberikan daya komputasi sebesar mungkin per meter persegi dengan harga serendah mungkin.

"Server ini menampung hingga 38 node server dalam satu rak, sehingga bisa menghemat sedikitnya 20 persen dalam hal biaya dan pendinginan ketimbang konfigurasi rak standar," ujar Motohiko Uno, Regional Head Platform Business Fujitsu, dikutip VIVAnews dari keterangan resminya, Selasa 23 Maret 2010.

Di jajaran portofolio server Fujitsu, PRIMERGY CX merupakan server kelas baru yang melengkapi lini Fujitsu x86, seperti PRIMERGY model blade (BX), rack (RX) dan tower (TX).

Bersamaan dengan PRIMERGY CX1000, Fujitsu memperkenalkan arsitektur baru Cool-Central yang bertujuan menghemat penggunaan ruangan dengan menghilangkan hot aisle dalam data center.

Perlu diketahui, hot aisle adalah semacam ruang di belakang rak tempat pembuangan udara panas dari belakang server.

Pada PRIMERGY CX1000 ini, Fujitsu menyematkan cerobong panas sendiri yang menyalurkan udara panas dari atas rak ukuran standar. Tanpa hot aisle, rak PRIMERGY CX1000 bisa disusun saling membelakangi sehingga menghemat ruangan hingga 40 persen.

"Kebutuhan komputasi awan menjadi perangkap bagi operator data center ke dalam lingkaran setan antara performa dan biaya," terang Motohiko Uno. "Sekarang, lingkaran setan itu bisa dikalahkan oleh keseimbangan antara harga-performa," ucapnya.

Menilik isinya, sistem PRIMERGY CX1000 menggunakan generasi baru proses Intel Xeon seri 5600, yang mampu memberikan daya proses terbesar.

"Dengan peluncuran Intel Xeon 5600 terbaru ini, Intel menyambut kedatangan server generasi baru dari lini produk Fujitsu PRIMERGY, dan Intel sangat senang dengan PRIMERGY CX1000 terbaru," tutur Raejeanne Skillern, Director of Cloud Computing Marketing Intel Corporation, melalui keterangan yang sama.

Mengenai ketersediaan, PRIMERGY CX1000 ini baru tersedia di beberapa negara di ASEAN, termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam mulai akhir Maret 2010. (VIVAnews)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.